Budaya Pagan Modern

Dunia pagan sangat identik dengan kekerasan, kezaliman dan huru hara serta masih banyak yang lain. Namun secara historis, zaman pagan telah berlalu beberapa ratus abad yang lalu. meskipun sudah menjadi legenda dunia, kebudayaan pagan yang identik dengan kekerasan dan ketidakmanusiawian ini masih saja di telik oleh beberapa orang peneliti. hal inilah yang kemudian mengangkatkan kebudayaan pagan kembali di era modern. tetapi itu bukan berarti mereka (para peneliti) tersebut telah membangkitkan kembali kebudayaan pagan di zaman edan seperti sekarang ini.

Budaya pagan modern sangat berbeda dengan budaya pagan tempo doeloe. perbandingan nya sangat sederhana, dunia pagan tempu dulu selalu memakai prinsip “siapa yang berkuasa ialah yang menang” atau kita aliaskan dengan “hukum rimba”. dimana manusia sangat tidak di hargai sebagaimana mestinya. meskipun hal tersebut terjadi sekarang ini, namun cara yang dipakai oleh aktivis pagan modern adalah:

1.   dari sektor politik

2.   sektor ekonomi

3.   de es be

untuk menyatakan bahwa yang mereka lakukan itu adalah untuk sesuatu yang dapat membangun dunia, para penggemar paganisme membuat sebuah organisasi dalam bentuk Negara, Kerajaan, atau LSM (internasional maupun non internasional) hanya untuk mengembangkan atau memenuhi hasrat untuk berpagan ria.

hal ini terbukti dari beberapa negara yang menyatakan selalu mementingkan perdamaian dunia. dengan berabagai macam dalih, apakah itu membasmi teroris (yang mereka anggap sebagai hama yang harus dimusnahkan) atau lain sebagainya, mereka mampu membasmi satu negara (bukan  teroris yang mati, malahan manusia tak berdosapun bergelimpangan). hasilnya, hancurnya stabilitas dan integritas suatu negara. sebagai contoh : serangan amerika ke Afgahnistan beberapa tahun yang lalu. selang beberapa waktu kemudian, gilirang irak yang menjadi korban. hasilnya, kemakmuran yang pada awal di capai oleh afghanistan dan irak menjadi hilang dan musnah. yang ada hanya ketakutan dan kengerian mendengarkan suara letusan bom, berisingnya bunyi senjata mesin dan lain sebagainya.

ini hanya catatan kecil tentang bagaimana kemungkinan kebudayaan pagan telah hadir di zaman modern. bukan saja untuk dunia internasional, sebagai contoh: yang terjadi pada tahun 2000 di Ambon dan 2001 di poso. kemudian yang baru saja terjadi, perang antar kampung di beberapa tempat di indonesia (NTT, NTB, Kab. Solok dan masih banyak lagi) hal ini mencerminkan betapa paganisme mulai menjalar ke indonesia. 😦

inikah wajah indonesia yang sebenarnya….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s